Advokasi dan Jejaring

Berdasarkan visi menjadi Center of Excelence bagi masyarakat dan organisasi serupa di Indonesia, Yayasan Kusuma Buana telah menetapkan dalam salah satu misinya untuk mengadakan upaya advokasi secara intensif kepada pihak pemangku kepentingan (stakeholders) terkait agar bisa sejalasn dan Bersama-sama  membina masyarakat madani. Sesuai dengan falsafah yang diusungnya, YKB selalu berupaya mendorong dan membina kelompok masyarakat yang menjadi sasaran program agar mampu berusaha untuk mengembangkan diri bagi kepentingan mereka sendiri.

Upaya advokasi ini dijalankan melaljui berbagai metoda yang semuanya ditekankan pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mutakhir. Diharapkan dengan penggunaan teknologi yang efektif ini maka upaya advokasi kepada para pemangku kepentingan akan bisa berhasil dengan baik. Berbagai media komunikasi, baik yang bersifat masal (social media) maupun yang bersifat spesifik individual telah dipergunakan. YKB dalam program-programnya telah mengembangkan berbagai platform media social mencakup Instagram, Fanpage, YouTube, sampai ke WhatsApp group telah dimanfaatkan dalam upaya advokasi. Pengembangan terakhir sedang dicoba untuk memanfaatkan teknologi Photo Voice dalam mengadvokasi stakeholder pemerintahan setempat.

Disadari bahwa YKB tidak mungkin untuk bergerak sendirian dalam upaya pengembangan dan pembinaan masyarakat madani. Oleh karena itu diperlukan adanya jejaring dengan Lembaga Swadaya Masyarakat serupa di seluruh Indonesia agar boisa Bersama-sama berjuang untuk meningkatkan Kesehatan dan kesejahteraan masyarakat madani. Jejaring ini juga diharapkan dapat menjangkau pihak-pihak pemberi dana maupun pihak-pihak yang memiliki kewenangan pembuat kebijakan agar dampaknya dapat lebih cepat terasa oleh masyarakat luas.

Aktivitas terkait Program